Jakarta - Dua gol Pedro Javier membawa klub Persija Jakarta mengalahkan tamunya, Persiba Balikpapan, 4-0 dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2011/2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Striker asal Paraguay itu mampu mencetak dua gol, yaitu menit 28 dan 37. Sedangkan gol lainnya dicetak oleh ikon Persija yaitu Bambang Pamungkas menit 55 dan Ramdani Lestaluhu menit 82. Kemenangan ini merupakan yang pertama dari empat pertandingan. Tiga pertandingan sebelumnya hanya berakhir seri.

Meski hujan cukup deras mengguyur Gelora Bung Karno, bukan menjadi hambatan bagi Bambang Pamungkas dan kawan-kawan untuk memberikan tekanan kepada tamunya Persiba Balikpapan. Apalagi pada pertandingan ini juga didukung oleh ribuan Jak Mania.

Diawal babak pertama ini memang terjadi jual beli serangan. Kedua tim sama-sama ini menciptakan gol cepat. Persija melalui Bambang Pamungkas sedangkan Persiba melalui Matsunaga dan Ahmad Sembiring. Hanya saja upaya kedua klub ini belum membuahkan hasil.

Tim Macan Kemayoran yang telah haus akan kemenangan akhirnya mampu memecah kebutuhan pada menit 28. Tendangan bola mati Pedro Javier mampu menjebol gawang I Made Wirawan dan mengubah kedudukan 1-0 untuk Persija Jakarta.

Unggul 1-0 tidak membuat anak asuh Iwan Setiawan itu mengendurkan perlawanan. Terbukti gempuran demi gempuran dilakukan ke pertahanan tim yang berjuluk Beruang Madu itu. Terbukti pada menit 37, Pedro Javier mampu menggandakan kedudukan setelah meneruskan umpan dari Ismed Sofyan. Kondisi 2-0 berlangsung hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua anak asuh Iwan Setiawan langsung menggebrak. Peluang pertama didapat oleh Rahmad Afandi setelah mendapatkan umpan terobosan oleh Ramdani Lestaluhu. Hanya saja bola cepat itu terlebih dahulu ditangkap oleh I Made Wirawan.

Lawanpun tidak tinggal diam. Dengan kondisi tertinggal Aldo Baretto dan kawan-kawan juga terus menekan. Hanya saja upaya mencetak gol selalu gagal. Bahkan melalui serangan balik yang cepat, Bambang Pamungkas mampu menambah pundi gol Persija pada menit 55 sehingga membawa unggul 3-0.

Unggul jauh membuat tiga striker Persija yaitu Pedro Javier, Bambang Pamungkas dan Rahmad Afandi terus menari di lapangan. Tepatnya menit 71 giliran Rahmad Afandi yang mengancam. Hanya saja tendangan kerasnya mampu diblok I Made Wirawan.

Leo Saputra yang baru saja menggantikan Rahmad Afandi juga langsung mengancam, begitu juga dengan Bambang Pamungkas. Lagi-lagi Made Wirawan menggagalkan upaya pemain Persija itu. Gelora Bung Karno kembali bergetar taktala Ramdani menjebol gawang Persiba menit 82 sehingga membawa Persija unggul 4-0.

Serasa tak kenal lelah, tim asal ibukota itu terus menekan anak asuh Hariyadi meski unggul jauh. Kini giliran pemain belakang, Ngurah Nanak. Hanya saja tendangannya masih tinggi diatas mistar gawang Persiba. Hingga peluit tanda pertandingan usai oleh wasit Aeng Suarlan kedudukan tetap 4-0 untuk Tim Macan Kemayoran.

Susunan pemain Persija : Galih Sudaryono (pg), Hasyim Kipuw, Ismed Sofyan, Fabiano Beltrame (KK), Ngurah Nanak, Amarzukih/Delton , Robertino Pugliara, Ramdani Lestaluhu, Rahmad Afandi/Leo Saputra, Bambang Pamungkas (k) dan Pedro Javier/Rudi Setiawan.

Pemain Persiba Balikpapan : I Made Wirawan (pg), Iqbal Samad, Tomislav Labudavis/Hamdi Hamzah, Rahmad Latief, Saiful, Herry Susilo, Asri Akbar, Ahmad Sembiring, Matsunaga Shohei, Aldo Baretto (k) dan Kenji Adachihara.