Menpora: Nurdin-Besoes Tidak Kompeten


Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Drs Andi Mallarangeng menilai, Ketua Umum PSSI Nurdin Halid dan Sekretaris Jenderal Nugraha Besoes sudah tidak kompeten lagi untuk memimpin dan menyelenggarakan kongres PSSI berikutnya.

Senin (28/3/2011) pukul 09.00 WIB, Ketua Umum KONI/KOI, Rita Subowo, mendatangi kantor Menpora untuk melaporkan hasil kongres. Keduanya rapat hampir selama 6 jam.

Seusai rapat Menpora langsung menyampaikan keputusan yang diambil pemerintah bersama KONI/KOI kepada wartawan. Keputusan ini terkait kisruh kongres PSSI di Pekanbaru, Riau.

Seperti diketahui, kongres PSSI yang digelar di Hotel The Premier berlangsung ricuh. Ini karena para pemegang hak suara tak bisa masuk ruang sidang. Mereka dihadang oleh para petugas keamanan. Bentrok pun terjadi, sehingga akhirnya PSSI membatalkan kongres.

Meski demikian, 78 pemegang hak suara tetap menjalankan kongres dan lahir tiga keputusan penting. Keputusan-keputusan ini telah dikirim ke FIFA dan kini pemerintah tinggal menunggunya respon FIFA.

Dalam surat pernyataan resminya Menpora membacakan, jika seandainya FIFA menolak hasil kongres kemarin, maka kongres harus dilaksanakan lagi tanpa ada campur tangan dari Nurdin maupun Besoes.

"Apabila situasi itu (FIFA tolak kongres 78 pemegang suara) yang terjadi, maka Pemerintah bersama KONI/KOI beranggapan bahwa Pengurus PSSI di bawah pimpinan Ketua Umum Saudara Nurdin Halid dan Sekretaris Jenderal Saudara Noegraha Besoes tidak kompeten untuk memimpin organisasi PSSI, dan karenanya tidak kompeten untuk menyelenggarakan kongres PSSI," tandas Menpora di kantornya, Senin (28/3/2011).

"Untuk mencegah hal-hal yang bisa menyebabkan terulangnya kegagalan kongres PSSI karena ketidak-kompetenan pengurus PSSI, terutama ketidaktertiban di dalam penentuan hak suara, distribusi undangan, penentuan peraturan pemilihan, agenda kongres, serta ketidak-bertanggungjawaban dalam penyelenggaraan kongres, maka dengan ini Pemerintah menyatakan tidak mengakui lagi Pengurus PSSI di bawah pimpinan Ketua Umum Saudara Nurdin Halid dan Sekretaris Jenderal Saudara Nugraha Besoes, serta seluruh kegiatan keolahragaan yang diselenggarakan kepengurusan PSSI tersebut," pungkas Menpora.


Menpora: Nurdin-Besoes Tidak Kompeten Menpora: Nurdin-Besoes Tidak Kompeten Reviewed by [ADMIN] on Monday, March 28, 2011 Rating: 5

1 comment:

Statistik Blog

Powered by Blogger.