Forum Diskusi Kaskus yang Kian Perkasa

Forum diskusi online terbesar di Indonesia, Kaskus, baru saja menambah servernya dengan empat webserver Supermicro untuk memperkuat infrastrukturnya. Dengan bertambahnya empat server baru, Kaskus kini memiliki 28 server yang akan melayani Kaskuser, sebutan bagi pengguna Kaskus.

Namun demikian, hingga hari ini, baru dua server yang diimplementasikan. “Masih ada sisa dua server lagi yang harus dideploy,” kata Andrew Darwis, pendiri sekaligus CTO Kaskus saat diwawancarai VIVAnews di Jakarta, 29 Oktober 2009. “Yang baru live hari ini baru dua webserver,” ucapnya.

Andrew mengaku, tidak ada kendala berarti untuk implementasi dua server lainnya, melainkan masalah waktu. “Belum sempat. Karena kita harus menginstalnya satu persatu, lalu di-tweak, dan optimize,” ucap Andrew.

Adapun empat webserver yang dibeli Kaskus tersebut berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman Kaskus. Dampaknya bagi Kaskuser, kecepatan akses dalam membuka halaman Kaskus menjadi lebih cepat.

“Jadi, webserver itu meng-cluster atau menyebar trafik pengunjungnya, dari yang tadinya hanya ditangani satu server, kini disebar ke 26 server. Dengan begitu, kinerja server bisa lebih optimal,” kata Andrew. “Dan, keseluruhan server itu adalah server fisik, bukan virtual server,” ucapnya.

Dengan bertambahnya empat webserver baru tersebut, yang mana dua di antaranya telah live sejak pagi ini, Kaskus kini memiliki 26 server aktif. Untuk database, Kaskus menggunakan server besutan Sun Microsystems. Sementara yang lainnya, menggunakan Dell dan Supermicro.

Andrew juga menuturkan bahwa penambahan webserver ini untuk menjaga kualitas akses Kaskus seiring pesatnya pertumbuhan trafik Kaskus yang disebutkan telah mencapai 400 persen dibandingkan tahun 2008.

sumber : VIVAnews




Forum Diskusi Kaskus yang Kian Perkasa Forum Diskusi Kaskus yang Kian Perkasa Reviewed by [ADMIN] on Thursday, October 29, 2009 Rating: 5

No comments:

Statistik Blog

Powered by Blogger.