Pengantar Akses koneksi internet

Internet sudah menjadi kebutuhan publik saat sekarang ini. Seiring pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi apalagi di bidang komputerisasi.Alangkah malangnya orang tidak kenal internet apa lagi tidak kenal kompie (komputer).Pada dasarnya internet merupakan jaringan luas yang saling terhubung.Bagaimanakah suatu komputer dapat terkoneksi internet dan mampu berhubungan dan berkomunikasidalam jaringan luas.
secara sederhana komputer dalam jaringan luas yang saling terhubung memiliki sebuah alamat seperti halnya alamat rumah yakni IP Address. Tiap-tiap komputer yang terhubung ke internet mempunyai IP Address masing-masingnya. Hal ini membantu dalam komunikasi dalam jaringan serta solve problem dalam jaringan.dalam jaringan internet kompie atau laptop mendapatkan IP public,maksudnya alamat yang dipakai adalah alamat publik yang diberikan kepada user sesuai dengan aturan jaringan.

contoh : 202.169.12.56 (public)
192.168.0.1 (biasa dipakai pada jaringan local class C)

bagamana caranya terkoneksi ke internet?? mungkin dalam pikiran pembaca telintas adalah warnet:-)warnet memang fasilitas akses internet bagi internet mania, tapi bagaimana kalau warnet tidak ada!!!ya,, paling cuma bisa ke pustaka untuk cari referensi.
ada beberapa cara mengakses internet di lingkungan kita,selain dari warnet diantaranya :
1. Koneksi Hotspot (Wifi)
2. Koneksi Menggunakan ADSL contohnya Speedy
3. Koneksi menggunakan modem HP GSM/CDMA
4. Koneksi Menggunakan kabel telepon
5. Koneksi Menggunakan HP via GPRS/3G
6. Koneksi Menggunakan Satelite

intinya agar pembaca dapat tekoneksi ke internet kita harus ke penyedia layanan internet (ISP)
misalnya di indonesia adalah telkom, indosat dan penyedia berbayar lainnya. Untuk lebih jelas
cara akses pembaca saya wajibkan untuk memilih cara koneksi di atas..

Cat : bila ada pilihan selain di atas kasi tau aja yach!!!!

Pengantar Akses koneksi internet Pengantar Akses koneksi internet Reviewed by [ADMIN] on Saturday, June 27, 2009 Rating: 5

No comments:

Statistik Blog

Powered by Blogger.