SEKILAS TENTANG IT

Sekarang di Indonesia, sudah memasuki tahun 2009, dimana kebanyakan yang dibahas adalah teknologi-teknologi yang sudah semakin pesat perkembangannya, apalagi dalam dunia IT, yang pastinya itu akan lebih penting nantinya dan berguna bagi masyarakat bahkan dunia sekalipun. Apalagi di tahun kedepan, teknologi akan semakin canggih daripada yang sekarang, dan mau tidak mau itu harus kita kejar (kalo yang mau dan punya niat).

Tetapi disamping itu juga,  disatu sisi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan ada kelemahannya, mungkin bagi orang-orang yang sudah paham betul dan menguasai tentang IT, itu akan mudah cepat nangkap jika berbicara soal IT, tetapi bagaimana dengan orang-orang yang masih belum mengetahui tentang IT ? yaaa..bisa dikatakan orang awam.. mungkin yang saya tahu, orang tuh ingin cepat-cepat megetahui dan menguasai apa yang ingin dikuasainya tetapi tanpa ada dasar pemikiran atau pengetahuan dasar, jadi langsung terjun(praktek), bisa dikatakan "otodidak", tapi itu tidak masalah jika mang orang itu senang dan hobi, tapi bagaimana dengan orang yang tidak mengetahui apa-apa (orang awam) yang sulit menangkap pelajaran tentang IT dan sama sekali tidak tahu tentang IT, sedangkan orang itu ingin mempelajarinya dan memerlukan pengetahuan dasar? (Termasuk saya).. J.

Mungkin disini saya akan memberikan satu pelajaran-pelajaran dasar tentang IT yang saya tahu dan kuasai walaupun hanya sedikit.

 

Pengertian IT

Apa sih IT itu? Sebenarnya IT dengan TI sama nggak ? Yang saya ketahui IT itu banyak singkatannya, misal (biasanya dalam bahasa Indonesia) : Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Teknik Industri, dll.

Ringkasan:

  1. Teknologi Informasi à berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi dalam batas ruang tertentu, tapi ini juga ada hubungannya dengan komputer.
  2. Teknik Informatika à ini berhubungan dengan jurusan kuliah yang saya ambil sampai sekarang, ini berhubungan dengan komputer software, program aplikasi, jaringan, informasi, dll.
  3. Teknik Industri à berhubungan dengan industri, pabrik-pabrik, bahan mentah, bahan kimia.

Dari ringkasan pengertian tentang IT, ternyata IT itu luas, bisa dikatakan IT merupakan ilmu yang didalamnya berhubungan dengan komputer, perangkat-perangkat yang ada di dalamnya, software, jaringan, komunikasi, informasi,  dan lain-lain, jadi jika ingin menjadi seorang IT, minimal dasar-dasar yang ada di dalam IT kita ketahui walaupun tidak semua bisa, satu saja kita menguasai dan perdalam ilmu-ilmu yang ada di dalam IT, dengan begitu, pikiran kita tidak akan kosong (blank) jika ada yang berbicara soal IT.

 

Kesimpulan

Dari apa yang saya tulis di atas, bila berbicara soal IT, yang pastinya intinya berhubungan dengan dunia teknologi komputer, informasi, dan komunikasi. Mungkin jika ini dibahas terus-menerus tidak akan ada habisnya melihat perkembangan jaman sekarang, dikarenakan IT itu memiliki arti yang sangat luas, dan mungkin juga pendapat orang berbeda-beda.

 

Saran

Janganlah takut atau dipersulit masuk dunia IT, minimal kelola, explore kemampuan kita satu bidang saja, dan jika tidak ada niat, janganlah memaksakan pelajaran-pelajaran IT yang tidak disukai karena itu dapat mempersulit diri kita sendiri, dengan begitu mudah-mudahan kita dapat berguna bagi masyarakat, Negara, bahkan dunia. Buat semuanya janganlah putus asa, berlatih dan belajarlah sesuai kemampuan yang kita miliki dan kejarlah dan dapatkan ilmu yang sulit didapatkan sehubungan dengan berkembangnya teknologi jaman sekarang.

Sebelumnya maap kalau ada salah-salah kata dalam penulisan ini, maklum baru pertama kali menulis,J. Berikan saran atau kritik buat saya agar lebih baik lagi.

SEKILAS TENTANG IT SEKILAS TENTANG IT Reviewed by [ADMIN] on Saturday, March 07, 2009 Rating: 5

1 comment:

  1. bang tulisanya bagus kok mapir ya bang ke www.siapeace.co.cc piss

    ReplyDelete

Statistik Blog

Powered by Blogger.