Peristilahan di dunia komputer

Di sini aku coba tulis, tapi ngga' semua, cuma yang penting2 aj. Hehehehehehee .. cpek soanlny.  ini dia:       

Bandwidth

Bermakna jumlah informasi yang dapat dibawa dalam atu periode tertentu (biasanya dalam orde detik). Lebih khusus, bandwidth adalah range frekuensi yang digunakan untuk mengantarkan data pada gelombamg elektromagnetik

BIOS

Basic input Output System, yaitu perangkat linak system built-in yang menyadiakan intruksi dasar untuk mengendalikan perangkat keras kepada disk. BIOS mengandung semua intruksi yang dibutuhkan untuk mengendalikan disk drive, keybard, komunikasi serial, dan sejumlah fungsi lanya. Setiap PC dinyalakan.

Cache

Yaitu memory yang difungsikan untuk menempatkan data program maupun informasi yang paling sering digunakan, agar dengan cepat diakses kembali.

Chispet

Chip tunggal yang terintegrasi didalam banyak fungsi, seperti halnya pada chip northbridge dan southbridge dalam motherboard.

Clock Core

Kecepatan GPU dalam sebuah video card. Dalam beberapa kasus, core clock ini bisa berbeda-beda meski penggunaan GPU yang sama. Hal ini dikarenakan pembuat video card dibebasan untuk core clocknya sendiri agar bebeda dengan produsen video card lain.

maka BIOS akan terakses secara otomatis untuk mendapatkan kompatibilitas terbaik dari perangkat keras system.

Compatibel

Subuah istilah yang menunjukan bahwa suatu objek bisa dipergunakan ecara bergantian dengan objek lain.


Computer Virus

merujuk pada program yang memiliki kemampuan untuk ber-produksi, menulari program lain dan menjadikan file2 program tertular sebagai file infector.


Computer Worm

merujuk pada program independen yang memiliki kemampuan untuk ber-reproduksi, menulari system komputer dan walaupun mampu untuk menulari program lain namun tidak bertujuan untuk menjadikan file tertular tersebut sebagai suatu file infector. 

Defragment

Proses reorganisai potongan- potongan file atau folder yang tersebar dalam satu media untuk membuatnyalebih teratur, dan meminimumkan jaerak potongan data antar segmen. Hasil yang diharapkan dari proses ini adalah kecepatan proses pembacaan, karena pointer tidak harus meloncat secara acak untuk membaca potongan- potongan data yang terletak di banyak segmen.

Dual Chanel

Proses pengendalian memory dengan menggunakan dua chanel atau controler dalam satu motherboard. Sehingga memeaksimalkan throughtput data menjadi dua kali lipatnya, jika kedua chanel ini digunakan.

Dual Core

Sistem Procesor yang mengombinasikan dua microprocessor terpisah menjdadi satu peket, sering menggunakan satu IC. Dengan Dual Core, penggunaan daya lebih rendah sehingga peningkatan performa menjadi signifikan. Pada penggunaan aplikai maka eksekusi pengkodean dapat dilakukan secara paralel, setiap aplikasi dapat dijalankan pada sisitem ecara bersamaan dengan menjadi lebih cepat.

Dual layer

Teknologi terbaru dari drive optik untuk melakukan perekaman pada media DVD+R dengan kapaitas mencapai 2x lipat, yaitu 8,5 Gb.

Driver 

Progam yang dirancang khusus agar komputer dapat berkomunikasi/bekerja dan beroperasi dengan hardware tertentu, deperti; flashdisk, VGA, printer, dll. Biasannya ukuran program khusus ini relatif kecil dan dirancang untuk bekerja sama dengan operating system tertentu.

Firmware

Merupakan program kecil yang disimpan dalam chip, yang mengatur inter-operasional dari setiap komponen yang membangun sebuah alat didalam(semisal optic drive, video card, dll). Firmware juga dapat dianalogikan sama seperti BIOS pada motherboard.

FSB

Istilah yang biasa merepresentasikan kecepatan (MHz) oleh bus yang digunakan oleh berbagai komponen atau peripherial yang berhubungan dengan CPU. Namun nilai terpenting adalah FSB dari CPU itu sendiri. Karena FSB CPU akan menentukan seberapa cepat CPU akan bekomunikasi dengan komponen atau peripherial tersebut.

GPU

GPU, Processor dari sebuah video card, dan berfungsi untuk pengolahan data gambar yang akan ditampilan di layar monitor.

GUI

Graphical User Interface. Nama numerik untuk semua inteface komputer yang menggunakan grafis, jendela(window), atau alat penunjuk(pointing device) menggatikan inteface dengan karakter murni(command line). GUI pertama kali dikembangkan oleh Xerox, dan pertama kali digunakan pada komputer Mac OS.

Heat Pipe

Salah satu jenis komponen pendingin yang digunakan di komputer yang berbentuk pipa logam. Ujung yang satu berfungsi sebagai penyerap panas, kemudian mengalirkannya ke ujung lain untuk didinginkan. Pada sisi pendinginan, biasanya dipasang sirip – sirip alumunium tipis guna mengoptimalkan proses pendinginan tersebut.

Heat Sink Fan

Komponen CPU yang dipakai untuk meminimalisasi panas. Biasanya terbuat dari alumunium. Pemakaian fan aktif sebagai pengusir panas dari heatsink. Dengan chipset yang tetap dingin, akan meningkatkan performa kerja komputer.

Hidden

File-file yang tidak nampak dilayar monitor ketika anda menggunakan widows explorer, walaupun sebenarnya file tersebut ada. Tujuan dilakukannya penerapan hidden adalah agar file-file system yang penting tidak dapat dieksekusi secara sembarang. Pada Windows hidden file dapat anda atur penampakannya melalui folder option.

Hyperthreading

Teknologi dari Intel yang awalnya hadir pada jajaran processor Pentium 4. yang memungkinkan satu processor single core dikenlai oleh sisitem operasi memiliki dua core(pemrosesan).

IGP

Integrated Grapich Port, atau biasa juga disebut grafis onboard, adalah core grafis GPU yang terintregasi di dalam chipset (biasanya di northbridge).

ISO

Dalam pengertian image, ISO adalah image disk dari file system ISO 9660. ISO 9660 adalah standart internasional yang dpakai untuk menyimpan data pada CD/DVD. Selain berisi file, di dalam ISO juga berisi metadata, ko0de boot, struktur dan atribut.

Kernel

Inti dari sebuah operating sistem yang bekerja menangani reeource dan kinerja hardware. Kernel juga menjadi jembatan bagi aplikai lain untuk menggunakan resource tersebut. Semua aplikasi yang berjalan diatas sebuah operating sistem di8rancang sesuai denagn karakteristik kernel. Ketangguhan sebuah operating sistem sangant bergantung dari kehandalan kernelnya. 

LGA 775

Land Grid Array, adalah jenis socket yang digunakan CPU khususnya Intel®. Dimana Kaki berada di socket,Sedangkan 775 menunjukan banyaknya kaki – kaki pin processor.

Logoff

Proses untuk mengakhiri sesi interaktif dari sistem komputer. Berbeda dengan shutdown yang mengakhiri sesi hingga tahap rebooting, proses logoff tehenti saat sesi terputus dari sistem, dan kemudian sitem akan meminta masukan dari pengguna untuk memulai sesi yang baru. Lawan dari logoff adalah login.

Malicious Toolkit

merujuk pada program yang didesign untuk membantu menciptakan program-program yang dapat membahayakan sebuah system komputer. Contoh dari program jenis ini adalah tool pembuat virus dan program yang dibuat untuk membantu proses cracking atau hacking. 

Ntldr

NT Loader, adalah bootloader dari windows NT termauk 2000/XP/2003. Ntldr bia dapat dijalankan dari media portabel seperti CD-rom ataupu flashdisk. Ntldr juga dapat meload OS bebasi non NT apabila diberikan file boot sector yang tepat difilenya.

Northbridge

Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memory system dan bus AGP/PCI-ex dan PCI. 

Peripherial 

Perangkat yang terkoneksi ke komuter yang berfungsi untuk bertuar informasi dibawah pengawasan CPU, Bertindak sebagai input/memasukan (seperti; mouse, keyboard, scanner) dan output/keluaran (seperti; monitor, printer, speaker). 

Poduct Key

Kode numerik/alfanumerik yang dibuthkan saat menginstal sebuah software (umumnya yang bersifat shareware). Produt Key dipakai untuk memastikan bahwa copy-an software tersebut merupakan copy-an yang legal. 

Registry

Informasi tentang konfigurasi dalam sebuah database yang terssimpan didalam Windows. Tediri dari profil dari tiap-tiap user dan inforamasi mengenai system hardware, aplikasi yang terinstal dan setting lainnya. Dalam op-erasionalnya, Windows akan secara kontinu mengacu pada registry. Registry disusun secara hierarkis seperti pohon, terdiri dari key, subkey, hive dan value entry. 

Root

Disebut juga top level directory, adalah direktori utama dari semua file. Dalam Windows, yang menjadi root adalah C:\. Sementara pada direktori webserver, root dilambangkandengan / (slash). 

SATA

Serial Advance Technology Attachment, sebuah tandar interface dan command set untuk tranfer data antar device ke PC bus. Berbeda dengan IDE yang menngunakan ignal paralel, SATA bekerja secara serial, memungkinkan penggunaan kabel data yang lebih ringkas, jarak kebel yang lebih panjang, dan tranfer speed yang lebih cepat. 150 MB/s (SATA 150) dan 300 MB/s (SATA 300). 

Server

Sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan processor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang disebut dengan sisitem operasi jaringan atau network operating sistem. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat didalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak(printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan. 

Service Pack 

Program yang dibuat untuk mengatasi masalah dan bug yang terjadi pada sebuah aplikasi. Selain itu, service pack berguan untuk mengupdate apikasi, driver, dan menambahkan beberapa fitur & kompone terbaru pada ebuah apikasi atau sistem operasi. Vendor software yang memproduksi dalam skala besar, biasanya mengeluarkan service pack ketika pacth untuk aplikasi dirasa terlalu menjadi besar. Service pack lebih mudah di-instal dari pada kumpuln pacth, terutama bagi komputer yang bereada mdi jaringan dan segara membutuhkan update apikasi. Setiap versi Service pack terbaru mengandung emua perbaikan yang ada pada service pack sebelumnya. 

Shutdown

Proses untuk menonaktifkan satu mesin PC, baik bersifat permanen ataupun sementara(restart). Saat proses terebut dijalankan, sistem akan terlebih dahulu menyimpan beberapa informasi yang dibutuhkan, sebelum mematikan mesin secara elektris. 

Southbridge

Salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug n Play, 

Spyware

Suatu program ketika diinstal kedalam komputer anda akan dapat meruabah stetting sistem, menampilkan sejenis iklan, atau melacak kebiasan anda berinternet tanpa sepengetahuan user atau bahkan dapat mengumpulkan alamat email, password dan nomor kartu kredit anda kemudian akan dilaporkan kembali ke database pusatnya. Biasanya spywareterintal secara tak terduga bersamaan dengan intalasi program yang berisat freeware atau shareware, spyware bersifat ganas kadang sulit dihilangkandan dapat mengganggu sitem, dikenal juga dengan madware. 

Storage

Peripherial atau media yang berfungsi untuk menyimpan data untuk jangka waktu yang tidak dibatasi sehingga jika data terebut selalu tersedia saat akan digunakan kembali. Bentuk media penyimpanan yang banyak kita kenal ekarang ini, diantaranya hardisk, flopy disk, tape, CD, dan DVD.

Tray 

Bagian per bagian pada suatu perangkat seperti pada pc case yang dapat dipisah-pisahkan/dipisah, pada perbagian pada suatu perangkat sepeti plat persegi. 

Trojan Horse

Sebuah perangkat lunak yang mencurigakan (malaware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Trojan berbeda dengan jenis perangkat lunak mencurigakan lainnya seperti virus komputer atau worm karena dua hal, antara lain trojan bersifat “stealth” (Siluman dan tidak dapat terlihat) dalam operasinya dan seringkali berbentuk seolah olah progran tersebut merupakan program baik – baik. Sementara virus komputer atau worm bertindak lebih agresif dengan merusak sistem menjadi crash. Trojan tidak mereplkasi dirinya sendiri, sementara virus komputer dan worm melakukannya. 

Troubleshooting

Salah atu betuk penyelesaian masalah, atau pencarian sumber masalah secara sistematik. Troubleshooting bisa diterapkan pada suatu yang berhen ti bekerja ecara tiba – tiba. Dalam dunia komputer, Troubleshooting bisa diterakan dengan teknik trial and error serta debugging. 

Update

Istilah yang digunakan untuk memperbaharui data pada file atau modul program. Eksekusi biasanya menyangkut perintah add, change, atau delete. 

Virtual Drive

Drive yang terbentuk oleh software tertentu untuk tujuan pengaksesan data(file ataupun direktori) yang terdapat pada local drive. Virtual Drive tersebuat tida mewakili hardware yang fisiknya memang ada, dengankata lain hanya virtual/maya saja. Penggunaan virtual drive dibutuhkan terutama oleh gamer yang memainkan game yang hanya dapat langsung dijalankan melalui CD/DVD-ROM. Penggunaan virtual drive memungkinkan para gamer tersebut mengakes CD/DVD-ROM yang datanya pun telah di-copy ke hardisk. Salah satu oftware yang membentuk virtual drive secara otomatis dan membuat ISO image data yang terimpan pada suatu drive adalah Alcohol 120%.

x86 

Nama umum processor yang kali pertama dikembangkan, dan diroduksi oley Intel®. Arsitektur x86 saat ini mendominasi komputer dektop, komputer portable(Laptop/Notebook), dan pasar server sederhana. Arsitektur ini dikenal nama x86, karena processor- processor awal dari keluarga arsitektur ini memilki model yang diakhiri dengan urutan angka 86, seperti procesor 8086, 80186, 80286, 386, dan 486. Karena nomor tidak bisa dipatenkan, Intel® dan manufakturer pesaingnya mulai menggunakan nama yang bisa dipatenkan, misalnya Pentium untuk generasi-generasi lanjutan dari arsitektur ini. Namun pengguna istilah x86 telah secara umum digunakan untuk menyebut semua processor dalam generasi ini.

Peristilahan di dunia komputer Peristilahan di dunia komputer Reviewed by [ADMIN] on Saturday, March 07, 2009 Rating: 5

No comments:

Statistik Blog

Powered by Blogger.