Tampil Dominan, Lyon Cuma Menang Tipis Atas APOE

Olympique Lyonnais berhasil mengamankan kemenangan kandang pada leg 1 babak 16-besar Liga Champions di Stade Gerland, (14/2). Menjamu tim kejutan asal Siprus, APOEL Nicosia, Lyon yang tampil dominan sepanjang pertandingan mampu menang dengan skor tipis 1-0.

Bermain dengan menumpuk lima gelandang, Lyon tampak dominan dalam hal penguasaan bola. Sejak awal skuad asuhan Remi Garde sudah tampil menekan dan merepotkan lini belakang tim tamu yang digalang Paulo Jorge dan Kaka.

Dalam hal penguasaan bola saja, Lyon unggul mutlak sebanyak 66 persden sepanjang 45 menit babak pertama. Pun dari segi peluang yang tercipta. Sebanyak 13 percobaan dilepas Lyon, meski hanya tiga di antaranya yang mengarah ke gawang APOEL yang dikawal Dionisis Chiotis.

Upaya pertama dilakukan gelandang asal Brasil, Ederson pada menit ke-15. Sial bagi Lyon, tendangan kaki kanan Ederson dari luar kotak penalti usai menerima sodoran dari Alexandre Lacazette masih tepat mengarah ke pelukan Chiotis.

Pun dengan percobaan striker Lisandro Lopez pada menit ke-30. Kali ini tendangan kaki kiri yang dilepaskan striker asal Argentina itu dari luar kotak penalti masih mampu ditepis Chiotis meski mengarah ke pojok kiri bawah gawang.

Lima menit menjelang babak pertama usai, giliran Lacazette yang melepas sepakan keras dari dalam kotak penalti. Dan lagi-lagi Chiotis tampil gemilang dengan menepis poeluang emas tersebut.

Babak pertama benar-benar berada dalam penguasaan Lyon. Bagaimana tidak, APOEL sama sekali gagal memberi ancaman ke gawang Hugo Lloris sepanjang babak pertama ini. Beruntung hingga turun minum mereka masih bisa menahan skor tetap kacamata.

Pada babak kedua, Lyon masih belum mengendurkan tekanan. Bahkan Lisandro cs terlihat semakin dominan dalam hal penguasaan bola dan menciptakan peluang. Buah kerja keras Lyon akhirnya terbayar pada menit ke-58. Menerima assist Cris, Lacazette melepas tendangan kaki kanan yang kali ini tak mampu diantisipasi Chiotis.

Menariknya, selang semenit setelah mencetak gol, Garde justru menarik keluar Lacazette dan menggantikannya dengan Jimmy Briand. Meski begitu, daya gedor tuan rumah tetap tak mengendur. Lyon tetap tampil impresif meski sudah unggul defisit satu gol.

Demi menambah variasi serangan, Garade kembali melakukan pergantian pemain, Ederson ditarik keluar digantikan Yoann Gourcuff. Namun upaya pergantian itu gagal membuahkan gol tambahan. Hingga laga usai, skor 1-0 tetap bertahan.

Dengan hasil ini, peluang Lyon melaju ke babak selanjutnya masih belum aman. Pasalnya APOEL masih mungkin membalikkan skor pada leg 2 saat gantian menjadi tuan rumah.

Line-up
Lyon: Lloris; Reveillere, Kone, Cris, Cissokho; Gonalons, Kallstrom; Lacazette (Briand 58), Ederson (Gourcuff 71), Bastos; Lisandro.
APOEL: Chiotis; Poursaitidis, Jorge, Kaka, Boaventura; Morais, Pinto; Charalambides (Manduca 81), Sousa (Marchinho 72), Trickovski; Ailton (Solari 67).

Statistik:
Shots: 18-1
Shots on goal: 5-1
Offside: 1-2
Pelanggaran: 15-12
Corner: 7-4
Kartu kuning: Marchinho 89, Helio Pinto 52.
Kartu merah: -
Ball possessions: 64%-36%

Lacazette dan Lisandro/ Getty Images
Tampil Dominan, Lyon Cuma Menang Tipis Atas APOE Tampil Dominan, Lyon Cuma Menang Tipis Atas APOE Reviewed by [ADMIN] on Tuesday, February 14, 2012 Rating: 5

No comments:

Statistik Blog

Powered by Blogger.