20 Catatan SEO Yang Wajib Diketahui Blogger Pemula

Catatan SEO ini wajib diketahui sebelum membangun website atau blog, atau jika Anda bekerja dengan apapun yang berhubungan dengan internet, Anda pasti akan perlu mengetahui sedikit tentang search engine optimization (SEO). Cara yang baik untuk memulai adalah untuk membiasakan diri dengan istilah yang paling umum dari dunia blogger, dan di bawah Anda akan menemukan 20 dari istilah yang berkaitan dengan cara setting SEO. Bagi mereka yang sudah tahu SEO, anggap saja posting ini sebagai penyegaran!.
  1. SEM: Singkatan dari Search Engine Marketing, sesuai dengan namanya melibatkan jasa pemasaran atau produk melalui mesin pencari. SEM dibagi menjadi dua pilar utama: SEO dan PPC. SEO singkatan dari Search Engine Optimization, dan merupakan praktek mengoptimalkan situs web untuk membuat halaman mereka muncul dalam hasil pencarian organik. PPC singkatan dari Pay-Per Click, dan itu adalah praktek pembelian klik dari search engine. Klik yang berasal dari daftar disponsori dalam hasil pencarian.
  2. Backlink: Juga disebut inlink atau hanya disebut link saja, adalah hyperlink pada website lain menunjuk ke situs web Anda. Backlinks penting untuk SEO karena mempengaruhi secara langsung PageRank dari halaman web, dan juga terhadap peringkat pencarian.
  3. PageRank: PageRank adalah sebuah algoritma yang digunakan Google untuk memperkirakan kedudukan relatif dari halaman di seluruh web. Ide dasar dibalik algoritma ini adalah fakta bahwa link dari halaman A ke halaman B dapat dilihat sebagai suatu rekomendasi kepercayaan dari halaman A ke halaman B. Semakin tinggi jumlah link makin tinggi pula nilai sebuah page sehingga semakin tinggi kemungkinan bahwa halaman tersebut mendapat rank.
  4. Linkbait: linkbait adalah bagian dari konten web dipublikasikan di situs web atau blog dengan tujuan untuk menarik sebanyak mungkin backlink (dalam rangka untuk meningkatkan peringkat pencarian seseorang). Biasanya itu berupa sepotong tulisan, tetapi juga bisa merupakan video, gambar, kuis atau apapun.
  5. Link farm. Sebuah link farm adalah sekelompok website di mana setiap website link ke setiap website lain, dengan tujuan artifisial meningkatkan PageRank dari semua situs di dalam link farm. Praktek ini berlaku efektif pada masa-masa awal search engine, tetapi saat ini sudah tidak diperhitungkan lagi karena banyaknya teknik spam.
  6. Anchor text: Anchor text dari sebuah backlink adalah teks yang dapat diklik pada halaman web. Mempunyai banyak kata kunci yang diberi Anchor text merupakan peluang baik SEO karena Google akan mengaitkan kata kunci dengan konten website Anda.
  7. Nofollow: nofollow adalah atribut link yang digunakan oleh pemilik website sebagai sinyal ke Google bahwa mereka tidak mendukung situs web mereka untuk terhubung. Hal ini dapat terjadi baik ketika link dibuat oleh pengguna sendiri (misalnya komentar blog), atau ketika link itu dibayar (misalnya, sponsor dan pengiklan). Bila Google melihat atribut nofollow maka pada dasarnya Google tidak akan menghitung link tersebut untuk PageRank dan algoritma pencarian.
  8. Link Sculpting: Dengan menggunakan atribut nofollow strategis webmaster mampu menyalurkan aliran PageRank dalam situs web mereka, sehingga meningkatkan peringkat pencarian halaman yang diinginkan. Praktek ini tidak lagi efektif karena Google baru-baru ini mengubah cara menangani atribut nofollow.
  9. Title Tag: Judul tag secara harfiah adalah judul sebuah halaman web, dan itu salah satu faktor paling penting dalam algoritma pencarian Google. Idealnya tag judul Anda harus unik dan mengandung kata kunci utama halaman Anda. Anda dapat melihat tag judul dari setiap halaman web di atas browser sewaktu menavigasi itu.
  10. Meta Tags: Seperti judul tag, tag meta yang digunakan untuk memberikan mesin pencari informasi lebih lanjut mengenai isi dari halaman Anda. Tag-tag meta yang ditempatkan di dalam bagian HEAD dari kode HTML Anda, dan dengan demikian tidak terlihat oleh pengunjung manusia.
  11. Search Algorithm: algoritma pencarian Google digunakan untuk mencari halaman web yang paling relevan untuk setiap permintaan pencarian. Algoritma ini mempertimbangkan lebih dari 200 faktor (menurut Google sendiri), termasuk nilai PageRank, tag judul, tag meta, isi website, umur domain dan sebagainya.
  12. SERP: Singkatan dari Search Engine Results Page. Ini pada dasarnya halaman yang Anda akan dapatkan ketika Anda mencari kata kunci tertentu di Google atau mesin pencari lainnya. Jumlah lalu lintas pencari yang masuk Web Anda tergantung pada peringkat yang anda miliki di dalam SERPs.
  13. Sandbox: Google pada dasarnya memiliki indeks yang terpisah yaitu Sandbox dimana tempat semua situs web yang baru lahir akan ditemukan. Ketika website berada di Sandbox, mereka tidak akan muncul dalam hasil pencarian untuk permintaan pencarian yang normal. Setelah Google memverifikasi bahwa website ini sah, ia akan bergerak keluar dari kotak pasir dan masuk ke dalam indeks utama.
  14. Keyword Density: Untuk mencari keyword density dari setiap halaman tertentu Anda hanya perlu membagi berapa kali kata kunci digunakan sesuai jumlah kata dalam halaman. Kepadatan kata kunci digunakan untuk menjadi faktor penting SEO, karena algoritma awal menempatkan penekanan yang pokok padanya.
  15. Keyword Stuffing: Sejak kepadatan kata kunci merupakan faktor penting pada algoritma pencarian awal, webmaster memulai permainan sistem dengan artifisial menggembungkan kepadatan kata kunci di dalam situs Web mereka. Ini disebut isian kata kunci. Akhir-akhir ini praktek seperti ini sudah dilarang Google dan tidak akan membantu Anda, dan juga bisa dihukum.
  16. Cloaking. Teknik ini melibatkan pembuatan halaman web yang sama menampilkan konten yang berbeda ke mesin pencari dan pengunjung manusia. Tujuannya adalah untuk mendapatkan halaman peringkat pada kata kunci tertentu, dan kemudian menggunakan lalu lintas masuk untuk mempromosikan produk atau jasa yang tidak terkait. Praktek ini dianggap sebagai spamming dan dapat membuat anda mendapat hukuman mbah Google.
  17. Web Crawler: Juga disebut sebagai bot atau spider, adalah program komputer yang menelusuri web atas nama search engine, mencoba untuk menemukan link baru dan halaman baru. Ini adalah langkah pertama pada proses indeksasi.
  18. Duplicate Content: Duplikat konten umumnya mengacu ke blog substantif konten dalam atau di domain, apakah benar-benar cocok dengan konten aslinya atau lumayan serupa. Anda harus menghindari duplikat konten di situs Web Anda karena dapat membuat Anda dihukum.
  19. Canonical URL: Canonicalization adalah proses untuk mengkonversi data yang memiliki lebih dari satu representasi yang mungkin menjadi representasi “standar” kanonik. Oleh karena itu sebuah URL kanonik, , adalah URL standar untuk mengakses halaman tertentu dalam situs Anda. Sebagai contoh, versi kanonik dari domain Anda mungkin http://www.domain.com bukan http://domain.com.
  20. Robots.txt: Ini tidak lebih dari sebuah file, yang ditempatkan di root domain (untuk anda yang hosting berbayar), yang digunakan untuk menginformasikan bot pencarian tentang mana yang boleh ditelusuri dan mana yang tidak dari sebuah situs web. Sebagai contoh, melalui file robots.txt sangat memungkinkan untuk memblokir robot pencarian spesifik dan untuk membatasi akses ke folder tertentu dari bagian dalam website.

Jika 20 Catatan SEO Yang Wajib Diketahui Blogger Pemula terlalu panjang, moga-moga anda tidak bingung

http://bisnisukm.com/wp-content/uploads/2010/08/seo.png

20 Catatan SEO Yang Wajib Diketahui Blogger Pemula 20 Catatan SEO Yang Wajib Diketahui Blogger Pemula Reviewed by [ADMIN] on Wednesday, February 29, 2012 Rating: 5

2 comments:

Statistik Blog

Powered by Blogger.