Cara Memasang Kotak CBox (buku tamu) Di Joomla


Bagi para blogger tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kotak ngoceh alias kotak shoutbox. web/blog akan terlihat lebih interaktif dengan terpasangnya kotak shoutbox di web/blognya. Bahkan rasanya tidak lengkap jika kotak shoutbox ini belum terpasang di web/blognya. Kali ini saya akan menuliskan tutorial cara membuat atau memasang kotak shoutbox pada web berbasis joomla. Pemasangannya juga tidak jauh berbeda dengan pemasangan kotak shoutbox pada blog, hanya ada perbedaan sedikit.

OK.... tanpa basa basi lagi..... kita langsung ke TKP yuuk.......


Pertama

Tentunya kamu harus buat account dulu di web yang menyediakan kotak shoutbox dengan gratis. Diantaranya shoutmix, shout-box, SBox, CBox, dll. Di sini aku menggunakan kotak shoutbox dari CBox, OK, langsung aja masuk ke CBox.ws , dan buat account di sana.


Kedua

Setelah kamu berhasil membuat account, dan login maka akan terlihat menu-menu seperti ini


Ok, gw akan jelaskan menunya satu-satu

Menu Look & Feel



Layout Options >> Di sini kamu dapat mengatur lebar dan tinggi kotak shoutbox, jummlah pesan yang akan ditampilkan (max 20, kalo mo lebih... bayar donk) dan juga untuk mengatur letak form suratnya, mau di bawah ato di atas postingan. Tapi sayangnya form model yang disediakan di sini tidaklah selengkap seperti yang ada di shoumix.

Style Gallery >> Di sini gw akan melihat berbagai macam style dari kotak shoutbox. Modelnya dikit banget dan jelek-jelek... hehe... Kamu pilih aja salah satunya. Nanti bisa di edit kok.

Edit Style >> Nah... di sinilah tempatmu berkreasi, kamu bisa merubah warna background, warna text, ukuan huruf, dll. Pokoke berkreasilah sesukamu deh...

Edit css >> Tempatmu untuk mengedit css. Kalo ga tahu, biarin aja, jangan dioprak-oprak. Malah bingung... jadi repot dah.

Menu Option


Nah.. untuk memasangnya di joomla, kamu pilih menu I'm installing on : joomla. Di sana sudah tercantum caranya, tentunya peke bahasa inggris donk...

  1. Copy kodenya
  2. Lalu Download mod_cbox_jooma15 (linknya sudah ada.. tinggal sedot aja)
  3. Masuk joomla administrator menu punyamu, pilih Extensions -> Install/Uninstall
  4. Pilih Upload Package File untuk mengupload modul Cbox mu
  5. Lalu pilih Extensions -> Module Manager, klik modul Cbox
  6. Sekarang set Enabled jadi Yes, and paste kode itu ke kotak snipet di samping kanan
  7. Save
  8. SELESAI DAH.....

Link download mod_cbox_joomla15 sudah ada link downloadnya di webnya langsung cbox.ws
Jika Anda bingung, bisa langsung download lewat link di bawah ini


DOWNLOAD DISINI


Selamat Mencoba dan Semoga Sukses (dan cepet kelar tugas nya buat anak UIN :D ) !!!!















Cara Memasang Kotak CBox (buku tamu) Di Joomla Cara Memasang Kotak CBox (buku tamu)  Di Joomla Reviewed by [ADMIN] on Tuesday, January 25, 2011 Rating: 5

2 comments:

Statistik Blog

Powered by Blogger.