Algoritma Dasar

Algoritma dibangun dari tiga buah konstruksi ada struktur dasar, yaitu runtutan (sequence), pemilihan (selection) dan pengulangan (repetition).

1. Runtutan

Runtutan terdiri dari satu atau lebih pernyataan, setiap pernyataan diakhiri oleh satu baris atau titik koma. Tiap pernyataan dibuat secara berurutan sesuai dengan urutannya. Setiap instruksi dilaksanakan setelah instruksi sebelumnya selesai dilaksanakan.

Misal pertukaran nilai A ke dalam nilai B dengan membutuhkan bantuan C:

Masukkan nilai A ke dalam C
Masukkan nilai B ke dalam A
Masukkan nilai C ke dalam B

2. Pemilihan

Pada beberapa hal kita terkadang dihadapkan pada suatu pilihan. Misal:

Jika saya tidur larut malam maka saya akan bangun kesiangan

Pernyataan di atas biasa diubah dalam notasi algoritmik demikian:

  1. if kondisi then
  2. aksi

if kondisi then

aksi

Bahasa Indonesia untuk if adalah jika, dan untuk then adalah maka. Dalam kehidupan sehari-hari dapat kita temui sebagai berikut:

  1. if saya makan then
  2. saya kenyang

if saya makan then

saya kenyang

Jika pilihan aksi ada 2

  1. if bil <= 100 then
  2. tulis bilangan lebih dari seratus
  3. else
  4. tulis kurang dari 100

if bil <= 100 then

tulis bilangan lebih dari seratus

else

tulis kurang dari 100

Jika pilihan aksi lebih dari 2

  1. if A <>
  2. if A <>
  3. tulis bilangan terbesar = A
  4. else
  5. tulis bilangan terbesar = C
  6. else
  7. if B <>
  8. tulis bilangan terbesar = B
  9. else
  10. tulis bilangan terbesar = C

if A <>

if A <>

tulis bilangan terbesar = A

else

tulis bilangan terbesar = C

else

if B <>

tulis bilangan terbesar = B

else

tulis bilangan terbesar = C

Penulisan ruang kosong (indentasi) di atas akan lebih mudah dibaca dibanding:

  1. if A <>
  2. if A <>
  3. tulis bilangan terbesar = A
  4. else
  5. tulis bilangan terbesar = C
  6. else
  7. if B <>
  8. tulis bilangan terbesar = B
  9. else
  10. tulis bilangan terbesar = C

if A <>

if A <>

tulis bilangan terbesar = A

else

tulis bilangan terbesar = C

else

if B <>

tulis bilangan terbesar = B

else

tulis bilangan terbesar = C

bukan?

3. Pengulangan
Pernahkah anda dihukum oleh guru anda menulis kalimat berulang-ulang sampai satu lembar atau lebih? Capek bukan? Komputer mempunyai fungsi untuk melakukan pekerjaan berulang-ulang dan tak kenal lelah. Jika dalam pemrograman tentu penulisan secara berulang-ulang tidak akan efisien. Oleh karena itu digunakan beberapa fungsi.
repeat

  1. ALGORITMA tulis kalimat 100 kali:
  2. repeat 100 times
  3. Tulis "Saya akan mengerjakan PR"

ALGORITMA tulis kalimat 100 kali:

repeat 100 times

Tulis "Saya akan mengerjakan PR"

maka akan algoritmanya demikian:

  1. repeat N times
  2. aksi

repeat N times

aksi

artinya aksi diulang sebanyak N kali.

for

  1. for pencacah pengulangan dari 1 sampai N do
  2. aksi

for pencacah pengulangan dari 1 sampai N do

aksi

artinya aksi dilakukan sebanyak hitungan cacah pengulanagn, yaitu dari 1 sampai N (sebanyak N kali). Pencacah tidak hanya dimulai dari angka 1, tapi dari sebarang nilai yang lain.

  1. ALGORITMA:
  2. for i dari 1 sampai 100 do
  3. writeln "Saya tidak akan mengulanginya lagi

ALGORITMA:

for i dari 1 sampai 100 do

writeln "Saya tidak akan mengulanginya lagi

i adalah pencacah pengulangan yang mencacah pengulangan dari 1 sampai 100. Untuk mengenal notasi ini akan saya bahas selanjutnya.

repeat-until
Artinya pengulangan aksi yang dilakukan hingga persyaratan terpenuhi. Jadi penulisan kalimat 100 kali dengan notasi repeat-until adalah:

  1. repeat
  2. aksi
  3. until kondisi

repeat

aksi

until kondisi

Contoh

  1. ALGORITMA tulis kalimat 100 kali:
  2. repeat
  3. writeln "Saya berjanji tidak akan mengulangi lagi"
  4. until sudah 100 kali.

ALGORITMA tulis kalimat 100 kali:

repeat

writeln "Saya berjanji tidak akan mengulangi lagi"

until sudah 100 kali.

while
while artinya selagi, do artinya lakukan

  1. while kondisi do
  2. aksi

while kondisi do

aksi

Contoh:

  1. while i <= do
  2. jumlah = jumlah + i
i = i + 1


Algoritma Dasar Algoritma Dasar Reviewed by [ADMIN] on Wednesday, July 01, 2009 Rating: 5

No comments:

Statistik Blog

Powered by Blogger.